Panduan Memilih Laptop / Notebook 2nd
Minggu, Maret 09, 2008 | Author: Paijo

Walaupun saya belum memiliki laptop maupun notebook dan juga desknote, tapi tulisan yang diambil dari mailing list gadtorade ini perlu juga untuk diposting di blog. Itung-itung untuk panduan diri sendiri, eh sapa tahu ada yang membutuhkan juga.
Panduan Memilih Laptop / Notebook 2nd Yang perlu diperhatikan saat mau beli notebook second adalah:
1. Kondisi bat. Bat tidak boleh drop. Biasanya saya test dengan play film dari CD/DVD. Kalau bisa hidup minimal 30 menit maka saya katakan bat OK. Asumsi saya, kalau bisa play film 30 menit berarti kalau hanya untuk sekedar untuk WORD dan EXCEL bisa tahan sampai 1 jam.
2. Kondisi LCD. LCD tidak boleh ada belang. Untuk memeriksa kondisi ini, background windows dibuat menjadi putih dan lihat dari samping. Kalau ada belang berarti LCD tidak sempurna. Kalau urusan dead pixel, saya no comment karena dead pixel bukan kerusakan LCD. Dead pixel tidak bertambah banyak dan merupakan keterbatasan teknologi. Apalagi kalau dead pixelnya cuma 1, kalau lebih dari 1 baru perlu dipertimbangkan. Untuk memeriksa dead pixel, buat background window menjadi hitam, lalu perhatikan seluruh LCD apakah ada titik yang tidak berwarna hitam.
3. Kondisi HD HD tidak boleh ada bad sector. Cara paling sederhana dengan menjalankan CHKDSK. Kalau anda masih sangsi, format HD dan lihat report hasil format. Biasanya kalau Windows (terutama WinXP) sering crash (blue screen) maka kemungkinan HDnya yang bermasalah.
4. Kondisi FDD Coba baca dan tulis dengan floppy disk baru atau yang bersih.
5. Kondisi CD Coba baca dengan CD (untuk CDRom) atau DVD (untuk DVDRom). Kalau writer, coba lakukan penulisan.
6. Kondisi keyboard Coba tekan satu-satu. Untuk grade A tidak boleh ada tulisan tombol yang hilang, kalau adapun maksimum 1.
7. Kondisi port. Untuk USB coba tancapkan device USB (bisa flash disk, mouse dll). Untuk port yang lain, bisa dicoba dengan device yang sesuai.
8. Kondisi fisik. Fisik notebook tidak boleh terlalu banyak goresan. Untuk kriteria ini, tergantung dari masing-masing individu. Kalau hanya minor scratch masih bisa ditoleransi, tapi kalau sudah banyak dan besar-besar silahkan anda pertimbangkan.

This entry was posted on Minggu, Maret 09, 2008 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Related Posts with Thumbnails
.::HEAD LINE NEWS::....Pray For Indonesia, Musibah terjadi beruntun mari bersama-sama dengan bijak menyikapinya. Mari kita renungkan dengan hati dan pikiran yang jernih, apakah itu sebuah cobaan ataukah musibah karena kita manusia telah lalai dari mengingat Alloh SWT.

Selamat Datang Di Paydjo BLOG

Selamat datang di Blog Si Pay, semoga saja bisa mendapatkan apa yang dibutuhkan di Blog Si Pay ini. Terima kasih Telah Berkunjung Di Blog saya,apabila berkenan silahkan berkomentar dan follow blog saya,mari kita saling berbagi ilmu tentang apa saja...

Sekilas tentang penulis

Nama saya Ahyarudin,saya seorang Guru di MAN Pacitan sebuah kota kecil di daerah Jawa Timur.

Social Stuff

  • RSS
  • Twitter
  • Facebook
  • HOME
SiPay